Monday, February 2, 2009

ISTIKHARAH CINTA







Penulis : M Shodiq Mustika
Penerbit : QultumMedia, Jakarta
Cetakan : Kedua, 2008
Tebal : viii + 131 halaman

Buku Novel yang berbau religi ini adalah sebuah karya dari seorang penulis berbakat yang bernama M. Shodiq Mustika. Tulisannya kebanyakan berupa novel-novel religi. Beberapa novel religi, diantaranya Ayat-ayat Mesra, Doa dan Dzikir Cinta, Muslim Romantis, Ta’aruf Forever. Kumpulan novelnya secara tidak langsung membuat ketertarikan saya ingin membacanya. Sekarang M Shodiq Mustika tengah menunggu karya-karyanya lagi untuk diterbitkan. Saya akan coba memberikan sinopsis pada novel ini.

Urusan jodoh kadang gampang-gampang susah. Banyak yang dengan mudah menemukan jodoh. Namun tak sedikit yang pusing memikirkan jodoh yang tak kunjung datang. Kalau pun datang, masalah pun tak berhenti sampai di sana. Ada yang datang, namun harus menentukan pilihan yang sama sulitnya, karena yang datang tidak satu. Di sini problematika menentukan jodoh yang ideal sebagai suami atau istri harus terjadi. Sebagian orang menentukan pilihan dengan kaca mata materialisme: kecantikan, harta, dan sejenisnya. Ada juga cara penentuan yang rumit, dengan membandingkan dalam berbagai perspektif, juga mekanisme lainnya. Islam sendiri kadang sudah memberikan tuntunan untuk itu. Islam mengajarkan bagaimana memilih jodoh yang baik. Kendati pun demikian, tak jarang ada yang masih kebingungan dalam menentukan pilihannya.

Namun dalam konteks inilah, Islam juga memberikan semacam solusi. Menentukan satu dari sekian banyak pilihan yang menentukan dalam hidup tak cukup dengan pertimbangan materialistis. Islam mengajarkan istikharah dalam memilih jodoh ini. Istikharah cinta adalah salah satu cara yang efektif dalam menentukan pilihan dalam mencari jodoh.

Istikharah adalah memohon kepada Allah agar memilihkan dan menentukan yang terbaik serta memudahkannya. Ada metode khusus, juga doa khusus. Namun tak jarang juga ada hal-hal bid’ah yang kerap dilakukan. Misalnya mengharuskan adanya kemantapan hati, mengharuskan mimpi, mempercayai ramalan paranormal, ramalan bintang, menggunakan tasbih dan lainnya. Berbagai amalan yang bid’ah, yang tak pernah diajarkan Rasulullah, tentunya tak boleh dilakukan dalam beristikharah yang benar.

Kendati disyariatkan dalam Islam, namun istikharah bukanlah jalan pintas mencari cinta. Buku Istikharah Cinta ini memberikan gambaran yang cukup luas mengenai istikharah. Beberapa contoh yang dikemukakan dalam buku ini menjadikannya aplikatif dan menarik. Bahasanya yang mengalir, ringkas dan padat juga menjadikan buku ini menarik dibaca, tetapi terkadang bahasanya juga terlalu bertele-tele dan sulit dimengerti untuk saya baca. Buku novel ini cocok dibaca untuk kalangan yang sudah ingin berumah tangga atau sudah dewasa. Tetapi, dari keseluruhan cerita apabila dibaca dengan seksama, banyak sekali pesan dan amanat dari penulis yang sangat berarti apabila kita akan melangkah ke taraf pernikahan. Buku ini tak hanya mengandalkan tema yang banyak dicari dan diperlukan kalangan muda, yakni cinta.

Kesimpulan buku ini sangat bagus karena bisa membuat pembacanya penasaran dan semua makna ceritanya sangat mendalam, banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil di buku ini. Kelebihan yang paling menonjol didalam buku ini adalah judulnya yang sangat bagus karena judul itu seperti mendeskripsikan isinya cerita yang bukan islami, tetapi kenyataanya isinya itu sangat islami. Buku ini menarik bukan hanya dari judulnya, namun juga mengenai cinta itu sendiri, dan fenomena yang terjadi di sekitarnya. Ia memberikan gambaran yang luas mengenai cinta, taqdir, jodoh dan masa depan. Cerita dalam novel ini dapat dijadikan tuntunan agar kita bisa menentukan yang terbaik serta memudahkan jalan dari sekian banyak pilihan, khususnya dalam menemukan jodoh ideal sesuai syariatnya. Buku ini akan bermanfaat bagi mereka yang terpana dan terombang-ambing dalam cinta.

Arini. Khoirunnisa

Broadcast

No comments: