Sunday, November 16, 2008

PENULISAN SKRIPSI

Penulisan Skripsi

Menulis Skripsi seolah begitu menakutkan bagi setiap mahasiswa, tetapi bila kita mengerti pola-pola penulisan skripsi, penulisan skripsi merupakan hal menyenangkan. Sebelum kita melangkah lebih jauh bicara tentang penulisan skripsi, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menyusunnya:

Lakukanlah observasi pada obyek atau perusahaan yang akan diteliti terlebih dahulu, akan lebih baik bila kita melakukan kerja praktek di tempat tersebut karena akan mendapatkan gambaran tentang perusahaan tersebut dengan sangat jelas. Dari observasi kita akan mendapatkan topik untuk penelitian, misal kegiatan eksternal public relations.

Buatlah diagram pengidentifikasian yang bersifat bersifat deduktif:

a. Asal induk ilmu yang akan diteliti, misal: ilmu sosial.

b. Teori inti, atau dalam ilmu filsafat disebut Grand theory, misalnya komunikasi.

c. Teori tingkat tengah, disebut juga dalam ilmu filsafat Middle range theory, misalnya public relations.

d. Topik penelitian berasal dari turunan teori inti dan teori tengah, misalnya kegiatan eksternal public relations.

Dari topik kemudian dipersempit lagi menjadi judul penelitian, misal: “Peran Pameran Sebagai Media Promosi Perusahaan PT. Kinabalu Di Kota Bandung”. Sekarang peneliti harus mencari buku-buku, atau teori-teori yang berkaitan dengan penelitian yang akan dijalankan, dari grand theory hingga teori-teori dilapangan tentang pameran, dalam ilmu filsafat disebut parokial theory.

 

Bila hal-hal di atas sudah terpenuhi, kita bisa mulai menulis skripsi. Berikut format penulisan skripsi pada umumnya:

Halaman judul: berisi sama dengan halaman sampul.

Halaman persetujuan: memuat tanda tangan para pembimbing.

Halaman motto (kalau ada): memuat ungkapan-ungkapan bijak.

Kata pengantar: memuat uraian singkat tentang maksud dari sripsi, penjelasan-penjelasan, dan ucapan terima kasih.

Daftar isi: memuat urutan bab, sub bab, dan anak sub bab disertai dengan nomer halamannya.

Daftar tabel: memuat urutan judul tabel beserta nomor halamannya.

Daftar gambar: berisi urutan judul gambar dan nomor halamannya.

Abstrak: memuat secara tentative alasan penelitian maupun fenomena yang telah dikembangkan menjadi judul penelitian. Bagaimana strategi yang digunakan dalam memecahkan masalah yang ada, dan kemudian disusun hipotesa penelitian.

 

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah: memuat hal-hal yang menjadi latar belakang penelitian seperti: obyek penelitian, masalah yang akan diteliti, dan judul penelitian.

1.2 Masalah

1.2.1 Identifikasi Masalah: memuat semua masalah (daftar masalah) yang mungkin dijumpai pada latar belakang masalah.

1.2.2 Batasan Masalah: hanya memuat maslah-masalah yang diteliti diambil dari identifikasi yang relevan dengan judul penelitian.

1.2.3 Rumusan Masalah: memuat intisari dari latar belakang masalah, diambil dari batasan masalah. Biasanya ditulis dengan menggunakan kalimat pertayaan.

1.2 Tujuan dan Kegunaan Penelitian

1.3.1 Tujuan Penelitian: memuat hal-hal yang ingin dicapai dalam penelitian.

1.3.2 Kegunaan Penelitian: memuat hal-hal yang akan dicapai apabila penelitian

Berhasil.

1.4 Hipotesis: memuat pernyataan singkat yang disimpulkan dari landasan teori, atau tinjauan pustaka dan merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi, yang masih harus dibuktikan kebenarannya.

1.5 Metode Penelitian

1.5.1 Variabel-variabel Penelitian: memuat variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian, meliputi variabel bebas dan terikat.

1.5.2 Populasi dan Sampel: populasi adalah jumlah keseluruhan objek yang akan diteliti, sementara sampel adalah bagian dari populasi yang wewakilinya (representatif).

1.5.3 Metode Pengumpulan Data: memuat cara dan proses pengumpulan data secara rinci, dengan menunjukan langkah-langkah yang ditempuh, bilamana data dikumpulkan dan siapa yang melaksanakan pengumpulan data tersebut.

1.5.4 Metode Analisis: menguraikan mengenai alat analisis yang digunakan, dapat berbentuk kuantitatif atau kualitatif.

1.6 Sistematika Skripsi: memuat urutan penyajian dan hal-hal yang akan dibahas dalam penulisan skripsi.

 

BAB II LANDASAN TEORI

2.1.1 Pengertian-pengertian: kumpualan pengertian teori-teori yang digunakan dalam penelitian

2.1.2 Rumus-rumus/Alat ukur: meuat rumus-rumus atau alat-alat ukur yang digunakan untukdalam menganalisis data hasil penelitian.

2.1.3 Definisi Operasional: memuat pengertian-pengertian dari seluruh kata-kata yang terdapat dalam judul penelitian. Definisi operasional digunakan untuk menyamakan persepsi peneliti dengan pembaca.

2.2 Ulasan-ulasan.

 

BAB III GAMBARAN UMUM TEMPAT PENELITIAN

3.1 Riwayat Singkat Perusahaan: memuat riwayat mengenai pendirian dari perusahaan tempat penelitian yang dilaksanakan, demikian juga perkembangannya.

3.2 Struktur Organisasi dan Tingkatan Manajemen: memuat tentang organisasi perusahaan, (meliputi struktur organisasi, bentuk organisasi dan kebijakan penyesuaian oragnisasi), tugas, wewenang dan tanggung jawab anggota organisasi, dan budaya manajemen.

3.3 Bidang Usaha/Kegiatan Perusahaan: memuat jenis usaha, produk yang dihasilkan dan pemasarannya dari perusahaan bersangkutan.

 

BAB IV PEMBAHASAN, ANALISIS DAN INTERPRESTASI

4.1 Penyajian data hasil Penelitian: memuat hasil penelitian dan pembahasannya yang sifatnya terpadu. Pembahasan tentang hasil penelitian yang diperoleh berupa penjelasan teoritik, baik kuantitati dan kualitatif.

4.2 Analisis dan Interprestasi: memuat hasil data penelitian, yang diperoleh berupa angka-angka yang dapat diberi penafsiran.

4.3 Temuan-temuan Penelitian: memuat hal-hal yang dianggap baru atau diperoleh angka-angak yang dapat diberi penafsiran.

 

BAB V PENUTUP

5.1 Kesimpulan: memuat pernyataan singkat yang dijabarkan secara tepat dari hasil penelitian dan pembahasannya. Kesimpulan harus berisi pernyataan mengenai diterima atau tidaknya hipotesis.

5.2 Saran: memuat hasil dan pengalaman peneliti yang dilakukan, yang dapat bersifat teoriti dan praktis. Saran harus berisi pemikiran, mengenai pemecahan masalah yang telah diajukan dan dirumuskan dalam pemecahan masalah.

 

DAFTAR PUSTAKA: daftar pustaka memustakai pustaka yang diacu dalam penelitian dan disusun kebawah menurut abjad.

LAMPIRAN-LAMPIRAN: lampiran digunakan untuk menempatkan data/keterangan, untuk melengkapi uraian yang telah disajikan dalam bagian bentang tubuh.

 

Format penulisan skripsi pada dasarnya berbeda-beda di setiap perguruan tinggi, untuk itu sebelum memulai menulis skripsi, disarankan untuk menanyakan buku panduan penulisan skripsi perguruan tinggi setempat selain juga membaca tulisan di atas. -Ed-

 

DAFTAR PUSTAKA

Effendy, Uchjana, Onong. 2003. Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hasan, Iqbal. 2002. Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Cetakan Pertama. Bogor: Ghalia Indonesia.

Uma Sekaran. 2003. Research Method for Bussiness A Skill Building Approach. Fouth Edition. John Wiley & Son.

 

 

 

 

 

No comments: